Electrolux Target Kuasai Pasar Mesin Cuci Indonesia

Harga Elektronik – Produsen elektronik, Electrolux, membidik penguasaan pasar mesin pencuci bukaan depan (front loading) sebesar 50% di Indonesia pada th. ini dari keseluruhan pasar yang diprediksikan menjangkau sekitaran 30 ribu unit.

” Pada Januari-Juni 2007 Electrolux kuasai sekitaran 48% pasar mesin pencuci bukaan depan, ” kata Presdir PT Electrolux Indonesia, Saw Kok Wei, di Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan pasar mesin pencuci bukaan depan di Indonesia memanglah masih tetap kecil dibanding mesin pencuci dua tabung. Tetapi, Electrolux yang cuma jual mesin pencuci bukaan depan, kata dia, yakin pasar mesin pencuci untuk kelompok atas itu juga akan bertambah bersamaan dengan naiknya pendapatan orang-orang Indonesia.

” Pasar mesin pencuci bukaan depan itu selalu bertambah tiap-tiap tahunnya. Berdasar pada data EMC (Electronic Marketer Club) pada Januari-Agustus 2007 penjualan mesin pencuci bukaan depan tumbuh 15% dibanding periode yang sama th. lantas, ” katanya.

Saw Kok Wei mengaku mesin pencuci bukaan depan di Indonesia termasuk juga barang yang mahal hingga segmen pasarnya untuk orang-orang kelompok atas. Ia menyebutkan harga mesin pencuci bukaan depan untuk orang-orang Indonesia biasanya dapat menjangkau dua bulan upah.

” Walau sebenarnya di Amerika Serikat serta Uni Eropa, mesin pencuci bukaan depan bukanlah barang yang mahal, karna dengan upah satu atau dua minggu, barang itu telah dapat dibeli, ” tuturnya.

Lebih jauh ia menyebutkan pihaknya peluang besar juga akan menambah harga mesin pencuci bukaan depan itu pada th. 2008, karena naiknya cost bahan baku seperti plastik menyusul naiknya harga minyak mentah dunia.

” Pada Maret 2007 lantas kami telah menambah harga sekitaran 3-5%, serta hingga saat ini belum juga menambah harga sekali lagi, walau harga bahan baku selalu bertambah serta nilai ganti bath menguat, hingga harga semestinya dapat sesuai sekali lagi. Mungkin saja bila harga bahan baku selalu naik serta bath selalu menguat kami juga akan menambah harga sekitaran delapan% th. depan, ” tuturnya.

Saw Kok Wei menyebutkan Electrolux mempunyai basis produksi mesin pencuci di Thailand serta Italia. Sedang untuk pengeringnya (dryer), Electrolux mempunyai basis produksi di Belanda serta Australia.

Ditambahkan Manager Pemasaran PT Electrolux Indonesia Francisca Maya, rata-rata keinginan mesin pencuci bukaan depan di Indonesia menjangkau sekitaran 2. 000 hingga 3. 000 unit per bulan.

Electrolux, kata dia, jadi pemimpin pasar mesin pencuci bukaan depan di Indonesia dengan market share sekitaran 40-50%. Bukan sekedar di Indonesia, Electrolux juga jadi pemimpin pasar mesin pencuci bukaan depan didunia dengan penjualan serta produksi sekitaran 10 juta unit per th.. Baca Juga : Harga Kulkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *