“Kendi” Roket China, Kenapa Baru Jatuh 10 Tahun Setelah Peluncurannya?

Jalan di Jorong Kubu Nagari, Sumatera Barat, kejatuhan benda sama kendi besar pada jam 09. 07 WIB pada WIB.

Sesudah di konfirmasi ke Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN), benda itu adalah tabung hydrazine sebagai tabung bahan bakar roket Chang Zheng 3-A.

Roket punya China itu mengantarkan satelit navigasi Beidou M1 pada April 2007. Beidou sendiri adalah sisi dari Compass Navigation Sistem, diperkembang untuk berikan info masalah tempat, saat, serta kecepatan yang lebih pas pada pemakai alat komunikasi.

Yang mungkin saja jadi pertanyaan, kenapa roket yang sudah di luncurkan 13 April 2007 yang lalu itu baru jatuh hari ini dengan kata lain 10 th. lalu?

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyebutkan, roket Chang Zheng 3-A mempunyai orbit yang lonjong dengan ketinggian 10. 000 Km. Setelah tiba di orbit, benda itu melingkari Bumi.

Waktu ada di ketinggian 10. 000 km, gravitasi bumi tidak demikian bekerja. Sisi roket itu mengorbit bumi seperti satelit serta benda langit kecil yang lain. Jadi memanglah tidak tiap-tiap benda yang berada di sekitaran bumi juga akan segera jatuh turun.

Penurunan ketinggian sisi roket itu, menurut Thomas, berlangsung karna dampak gesekan. Semakin lama, orbit puing itu juga akan semakin rendah. ” Itu yang mengakibatkan 10 th. baru jatuh, ” katanya saat dihubungi Kompas. com, hari ini.

Di ketinggian 120 km, satu object tidak dapat sekali lagi menghindar dari gravitasi bumi. ” Dia masuk ke atmosfer padat serta jatuh, ” tuturnya.

Thomas menyebutkan, semua benda yang mengorbit bumi senantiasa melewati ekuator. Dalam 1x orbit, benda antariksa melewati ekuator 2 x pada titik yang berseberangan.

Oleh karenanya, peluang jatuhnya sampah antariksa di ekuator jadi lebih tinggi.

“Jatuhnya dapat dimana juga di permukaan bumi. Karna inklinasinya 54 derajat serta lokasi ekuator jadi lokasi yang senantiasa dilalui oleh object yang mengorbit bumi, jadi dia dapat jatuh di Indonesia, ” tutur Thomas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *