Lebaran 2017: Kenaikan Harga Sembako Tak Separah Tahun Lalu

Sembako Murah – Seperti beberapa th. terlebih dulu, tiap-tiap mendekati Hari Raya Idul Fitri, harga sembako tentu melejit. Tetapi, untuk th. ini, kenaikan harga sembako di Indonesia tidak separah th. kemarin.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan dari hasil pengawasan Satgas Pangan, sebagian besar harga sembako stabil mendekati Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. “Saat ini, cuma harga gula yang sedikit naik, harga komoditas beda stabil. Di Jawa Timur bisa laporan dari Gubernur Pakde Karwo, ada kenaikan harga, tetapi kartel-kartel telah kami tindak, ” kata Jenderal Tito, seperti diambil Pada pada Selasa (20/6). Harga Sembako Hari ini

Hingga H-1 lebaran, menurut pantauan Tirto, kenaikan harga sembako tetaplah stabil. Berlangsung kenaikan, namun tidak separah th. kemarin. Puji Astuti, seseorang ibu rumah-tangga di Tangerang mengamini hal itu. Menurut dia, kenaikan harga sembako th. ini tidak sehebat th. kemarin.

“Cabai merah hanya Rp28 ribu sekilo, bila th. lantas sepertinya diatas Rp30 ribu, ” kata Puji pada Tirto, Minggu (25/6). Th. ini, bahan makanan yang dapat dibeli Puji dengan uang Rp300 ribu jauh semakin banyak dari th. kemarin.

Nur Azizah, seseorang guru SMA di Peureulak, Aceh Timur juga mengungkap hal seirama. “Saya sich ngerasanya harga bahan makanan sebelumnya lebaran th. lantas itu lebih mahal dari th. ini. Th. ini tuch berbelanja ya seperti berbelanja umum saja, agak naik sich, namun tidak separah th. lantas, ” tutur Azizah.

Th. ini, usaha untuk menghindar melonjaknya harga pangan juga dikerjakan lebih ekstra. Sebagian minggu lantas, pemerintah membuat Satgas Pangan. Satgas ini terbagi dalam penyidik Bareskrim serta beberapa perwakilan dari kementerian serta instansi berkaitan, seperti Kementerian Perdagangan, Komisi Pengawas Persaingan perebutan Usaha (KPPU), Kementerian pertanian serta Tubuh Masalah Logistik (Bulog).

Sebagian pengawasan mendadak untuk menghindar kartel, penumpukan, serta persekongkolan beda yang dapat membuat harga melonjak, ditindak. Tito menuturkan pihaknya pernah memperoleh laporan kenaikan harga bahan makanan di Jawa Timur. “Namun kartel-kartel telah kami tindak, ” katanya.

Terkecuali meminimalisir beragam persekongkolan yang dapat menyebabkan naiknya harga bahan makanan, Kementerian Perdagangan juga gencar mengadakan Pasar Murah Ramadan di 34 Propinsi. Pasar murah itu menggandeng beberapa entrepreneur untuk jual beberapa produk keperluan pokok dengan harga terjangkau.

Barang-barang keperluan pokok yang di jual di Pasar Murah Ramadan diantaranya gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, dan paket product berisikan sebagian type barang keperluan pokok dari ritel-ritel modern.

Diluar itu, langkah pemerintah yang membatalkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, serta gas juga menyebabkan harga yang lebih stabil. Tiga hari sebelumnya Lebaran, Menteri Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan pemerintah akan tidak menambah harga BBM, baik solar, biosolar, ataupun premium. Terlebih dulu, pemerintah pernah menyebutkan gagasan menambah harga BBM bersamaan naiknya harga minyak dunia.

Tetapi, s/d minggu lantas, harga minyak tidak naik penting, bahkan juga turun. Jonan mengatakan, harga minyak mentah di Nymex sekitaran $ 42 per barel, sedang minggu terlebih dulu lantas menjangkau US$ 45-46 per barel. Sesaat minyak mentah di Brent ada di kisaran $ 44-48 per barel.

Atas basic itu, pemerintah mengambil keputusan tak ada kenaikan harga BBM, paling tidak hingga 31 September yang akan datang. Harga Elpiji 3 kg yang disubsidi pemerintah juga tidak naik, tetaplah ada di angka Rp 13. 500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *