Tren Hidroponik di Desa Dabong untuk Atasi Kekurangan Gizi

Hidroponik – Kebun Gizi serta TOGA yang digagas lewat program GSC yang ada di Desa Dabong yang berisikan beragam tanaman sayuran serta apotik hidup nanti tanaman serta sayuran ini bisa digunakan untuk kepentingan keseharian jadi supply vitamin serta bermacam makanan pemenuhan gizi warga Posyandu. Setelah itu untuk kelangsungan aktivitas di Posyandu, beberapa hasil kebun itu di jual hingga ada rotasi modal. Sekarang ini yang telah ditanam yaitu jahe, kunyit, kencur, kangkung, cabe, sawi serta brokoli.

Diluar itu untuk memakai tempat pekarangan Pustu bakal ditanam pohon buah-buahan (mangga, lengkeng, sawo, jeruk serta belimbing) terkecuali buahnya dapat di nikmati 4 atau 5 th. kedepan, menanam tanaman produktif juga adalah satu diantara usaha penghijauan kembali, di sini kita menamakannya Gerakan Tabung Pohon. Menanam satu pohon tambah baik dari pada berbeda sekali. Jadi tanaman selingan di antara tanaman buah-buahan itu bakal ditanami ubi rambat serta ubi kayu. Hasil dari tanaman ini nantinya diinginkan terkecuali jadi suplay jadi cadangan makanan penambahan di Posyandu, beberapa akhirnya dapat di jual, demikian selanjutnya hingga nantinya baik Pustu ataupun Posyandu telah mempunyai aset berbentuk tabung pohon buah-buahan.

Sekarang ini bibit tanaman buah-buahan itu belum dipindahkan masih tetap dalam media polybag karna aktivitas pelaku yang notabene jadi petani, hingga sesudah panen baru bibit tanaman buah-buahan itu ditanam di pekarangan Pustu yang ada di desa. Harga pupuk

Banyak faedah yang di bisa dari program GSC, ibu-ibu jadi mempunyai aktivitas positif. Diluar itu, kami juga bisa memakai pekarangan hingga jadi lebih hijau, ” tutur Ibu Supriyati serta Ibu Leni sebagai KPMD yang disebut penggerak aktivitas kebun gizi ini.

Mereka terasa suka bisa menolong sesama warga desa lewat program yang telah jalan. Dapat berjumpa dengan adanya banyak orang terlebih sesama KPMD dari desa lain, bisa bertukar pengalaman serta pengetahuan tentang kesehatan juga didapat lewat aktivitas di Posyandu jadi Kader. Mereka mengharapkan, program ini bisa jalan selalu hingga makin banyak warga yang terbantukan terlebih dari keluarga RTM. Baca Juga Cara Menanam Cabai di : http://berkebun.web.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *